Musisi Jazz Hebat Dari Indonesia

Selasa, 11 April 2017

Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.
Musik jazz banyak menggunakan gitar, bass trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.
Banyak musisi jazz luar yg terkenal sampai ke Indonesia, dari jamannya Louis Armstrong sampai dengan Norah Jones.
Mungkin segelintir yang tau musisi jazz hebat yang berasal dari negeri kita sendiri.
Kali ini ane coba rangkum beberapa musisi jazz Indonesia yang menurut pendapat kami hebat.

1. Indra Lesmana
10 Musisi Jazz Hebat Dari Indonesia...

Lahir di Jakarta, 28 Maret 1966 adalah salah satu musisi jazz, produser, komposer, sound engineer dari, yang merupakan anak dari tokoh jazz legendaries Indonesia, Jack Lesmana dan penyanyi senior Indonesia berdarah pada tahun 60-an Nien Lesmana.
Karier Hebat musik Jazz Indra dalam dunia musik dimulai saat usianya baru 10 tahun. Ia tampil bersama ayahnya di Bandung pada bulan Maret 1976 dengan instrumen keyboard. Dua bulan kemudian, bertempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Indra bermain keyboards dalam sebuah konser jazz yang melibatkan musisi senior seperti Jack Lesmana, Benny Likumahuwa, dan penyanyi Broery Marantika. Tahun 1978, Indra mulai merekam dan merilis album pertamanya “Ayahku Sahabatku”. Sejak awal, gaya bermusik Indra telah banyak dipengaruhi oleh gaya John Coltrane, Miles Davis, Mc Coy Tyner dan Charlie Parker, yang dipelajarinya melalui rekaman musik-musik jazz.

2. Bubi Chen
10 Musisi Jazz Hebat Dari Indonesia...

Lahir di Surabaya, Jawa Timur, 9 Februari 1938 – meninggal di Semarang, Jawa Tengah, 16 Februari 2012 pada umur 74 tahun adalah seorang pemusik jazz Indonesia. Saat berusia 5 tahun oleh ayahnya Tan Khing Hoo, Bubi diserahkan kepada Di Lucia, seorang pianis berkebangsaan Italia, untuk belajar piano. Saat itu Bubi belum bisa membaca apalagi memahami not balok. Meskipun begitu, Bubi Chen bisa mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh Di Lucia karena Bubi Chen sudah terbiasa melihat kakak-kakaknya, Jopie Chen dan Teddy Chen, saat sedang berlatih piano. Bubi Chen belajar pada Di Lucia hingga tahun kemerdekaan Indonesia.

3. Pra Budi Dharma
10 Musisi Jazz Hebat Dari Indonesia...

Lulusan Seni dari University of Washington ini bermain gitar dan bass profesional di Seattle, Amerika Serikat selama bertahun-tahun sebelum kembali ke Indonesia pada tahun 1984 dan mendirikan Krakatau. Dia telah mempelajari dan bereksperimen dengan musik tradisional Jawa Barat sejak tahun 1988. Pra Budi telah bekerja pada staf A & R dari Billboard Indonesia dan sebagai produser untuk sebuah label rekaman independen yang mengkhususkan diri dalam rekaman musik tradisional Jawa Barat.

4. Jack lesmana
10 Musisi Jazz Hebat Dari Indonesia...

Ayah dari musisi Jazz Indonesia juga, Indra Lesmana,. Pada usia 10 tahun Jack telah pandai bermain gitar. Dua tahun kemudian ia berkenalan dengan musik jazz dengan bermain dalam sebuah kelompok musik Dixieland.
Pada usia 15 tahun, ia pernah bergabung sebagai gitaris pada grup musik Berger Quartet yang terdiri dari Berger (piano), Putirai (drum), dan Jumono (bass). Ia juga ikut memainkan boogie-woogie bersama Boogie-Woogie Rhytmics dengan para pemusik antara lain : Micki Wyt sebagai pemimpin dan pemain piano, Oei Boeng Leng (gitar), Jack Lesmana memainkan (bass) dan Benny Heynen (klarinet). Setelah itu bersama Maryono (klarinet), Andy Sayifin (saksofon alto), Lody Item (gitar, ayah dari musisi Jopie Item), Suwarto (piano), Tuharjo dan Kadam (trompet), bergabung dalam band Irama Samudra. Kemudian bersama Maryono dan Bubi Chen, Jack Lesmana mendirikan Jack Lemmers Quartet, yang kemudian pada akhirnya diubah namanya menjadi Jack Lesmana Quintet salah satu grup jazz yang membesarkan nama-nama mereka.

5. Mus Mudjiono
10 Musisi Jazz Hebat Dari Indonesia...

Mus Mujiono lahir di Surabaya, Jawa Timur, 15 Maret 1960 adalah seorang musisi jazz Indonesia. Nono, demikian biasa dipanggil sangat menyukai musik dan menguasai hampir semua alat musik, dari keyboard, drum,gitar, saksofon, kecuali trompet. Nono juga mendapat julukan sebagai 'George Benson Indonesia'.
Nono besar di keluarga musisi. Ayahnya adalah musisi keroncong, sedangkan kakaknya, Mus Mulyadi, juga penyanyi keroncong. Sejak kelas enam SD, Nono sudah belajar gitar. Salah satu gurunya adalah Harris Sormin dari group band AKA. Kemampuannya bermain musik sangat memikat, bahkan diusianya yang baru 18 tahun, Nono telah rekaman dengan bandnya, The Hands.
Nono belajar jazz dari Jun Sen, gitaris jazz terkemuka asal Surabaya seangkatan Bubi Chen. Dari musisi yang juga pengusaha alat musik itulah ia mulai mengenal berbagai teori jazz. Nono juga belajar privat gitar klasik, agar bisa membaca not balok dengan baik. Nono tertarik pada George Benson, karena kesederhanaan permainan gitarnya. Saat itu kebanyakan gitaris rock bermain dengan berbagai macam efek aneh, berbeda dengan George Benson yang hanya memakai mulut saja. Oleh karena itu, Nono mulai mempelajari teknik scating yang merupakan ciri dari George Benson.