Sejarah MusikTradisional China

Minggu, 16 April 2017

Image result for sejarah musik cina

 Sejarah musik cina dimulai pada awal peradaban cina dengan dokumen dan artefak yang memberikan bukti bahwa budaya musik cina berkembang dengan baik sejak era Dinasti Zhou (1122 SM sampai 256 SM). Untuk saat ini, musik warisan tradisional yang kaya dalam satu aspek muncul ke bentuk yang lebih kontemporer. Pendiri legendaris musik dalam mitologi cina adalah Ling Lun, ia membuat pipa bambu disetel ke suara burung. Musik cina sendiri pertama didirikan pada era Dinasti Qin, dan kemudian diperluas dibawah kekaisaran Han Wu Di. Pada dinasti-dinasti selanjutnya, musik cina sangat dipengaruhi oleh musik asing terutama asia tengah.
Dalam sejarah musik cina, suku kuno di cina percaya bahwa musik bukan sebuah alat kesenangan, melainkan memiliki efek memurnikan dan membersihkan pikiran seseorang. Dan hal tersebut diwujudkan dalam sebuah ekspresi musik Qin. Musik Qin merupakan sebuah pertunjukan sandiwara lewat nyanyian-nyanyian dengan tutur dan gerakan yang halus, dan diiringi oleh petikan sebuah gitar panjang (bentuknya seperti kecapi).
Sejarah musik cina berlanjut saat orang eropa mulai mencapai cina dengan alat musik yang dibawa oleh imam Jesuit Matteo Ricci, ia mempresentasikan Harpsichord ke pengadilan kekaisaran Lee di tahun 1601. Tarian Naga yang terkenal dengan musik juga merupakan sebuah tradisi. Ini terlihat pada tahun baru cina yang diadakan oleh jutaan orang diseluruh dunia, namun tidak diketahui tidak diketahui kapan tradisi ini dimulai, tapi diyakini bahwa ribuan tahun yang lalu tradisi ini digunakan sebagai hiburan dari mantan kaisar, keluarga kerajaan dan bangsawan. Di tahun 1910-an dan 1920-an sejumlah musisi cina belajar musik klasik barat ke luar negeri, mereka belajar menyusun sistem notasi musik barat. Kuomintang mencoba untuk mensponsori pengadopsian musik modern melalui Shanghai Konservatorium, meskipun saat itu krisis politik sedang berlangsung. Ahli budaya di abad ke-20 seperti Xiao Youmei, Cai Yuanpei, Feng Zikai dan Wuang Guanggi ingin melihat musik cina diadopsi dengan standar terbaik. Banyak perbedaan pendapat mengani standar terbaik tersebut.
Sejarah musik cina berlanjut saat Orkestra Symphony terbentuk di banyak kota besar. Banyak penyanyi Jazz yang menggabungkan unsur musik tradisional cina dengan musik barat, seperti menambahkan Xylophone, Saksofon dan Biola. Lu Wencheng, Li Jinhui, Zhou Xuan, Qui Hechou, Yin Zizhong dan Dia Dasha merupakan musisi dan komposer yang cukup populer saat itu.
Sejarah musik cina berlajut setelah beberapa lama musik kontemporer cina dilarang dan harus berjuang melawan lembaga sensor, akhirnya musik kontemporer mulai diperbolehkan untuk mengudara dan diperdengarkan. Digelarnya musik live, internet dan juga pihak pemerintah yang mulai antusias mendanai pasar musik yang sedang berkembang mengakibatkan musik Indie cina pun kembali eksis. Dalam dunia musik cina, kehadiaran band indie memang sedikit terlambat, namun mulai dari musik rock, hip hop hingga grunge. Tayangan musik indie mulai berkembang. Seiring pertunjukan musik yang memberikan kesempatan untuk para musisi indie dalam berkarya, mereka cenderung menjauhi televisi dan radio miliki pemerintah cina.
Sejarah musik cina berlanjut ke alat-alat musik cina. Alat musik cina dikelompokan berdasarkan bahan yang digunakan. Seperti logam, batu, kain sutra, bambu, tanah liat, labu, kayu dan kulit binatang. Dari yang disebutkan tadi instrumen yang terbuat dari kayu dan batu sudah tidak digunakan lagi. Instrumen kuno seperti sitar panjang, seruling dan sheng. Ada juga instrumen yang menggunakan mulut dan instrumen perkusi seperi kentongan, drum dan gong. Bangsa cina mengenal biola dan kecapi dari asia tengah.

Instrumental

sejarah musisi | Paigu | Muaik tradisional cina
Musik tradisional di Cina dimainkan pada instrumen solo atau dalam ansambel kecil dipetik dan di gesek, seruling, dan berbagai simbal, gong, dan drum. Skalanya pentatonis. Pipa bambu dan qin adalah salah satu instrumen musik tertua yang dikenal dari Cina, instrumen secara tradisional mereka dibagi dalam kategori berdasarkan komposisi materi yaitu: kulit binatang, labu, bambu, kayu, sutra, pasir/ tanah liat, logam, dan batu. Orkestra China tradisional terdiri dari string tunduk, woodwinds/ tiup, string petik dan perkusi.

Instrumen
Woodwind dan perkusi
dizi, sheng, paigu, gong, paixiao, guan, bells, cymbals
String tunduk
erhu, zhonghu, dahu, banhu, jinghu, gaohu, gehu, yehu, cizhonghu, diyingehu, leiqin
String gesek dan di pukul
.

Musik vokal tradisional Cina telah dinyanyikan dengan suara lembut, non resonansi atau dalam suara tinggi dan biasanya solo, bukan paduan suara. Semua musik tradisional China berbentuk melodi harmonis. Musik vokal Cina biasanya dikembangkan dari puisi dan ayat-ayat dinyanyikan dengan musik. Instrumental potongan dimainkan pada Erhu atau dizi yang populer, dan sering tersedia di luar China, tetapi musik pipa dan zheng, yang lebih tradisional, lebih populer di Cina sendiri. Yang qin mungkin instrumen yang paling dikagumi di Cina, meskipun sangat sedikit orang tahu apa itu atau melihat dan mendengar ketika sedang dimainkan. Para zheng, bentuk sitar, yang paling populer di Henan, Chaozhou, Hakka dan Shandong. Pipa, semacam kecapi, diyakini telah diperkenalkan dari daerah Semenanjung Arab dari abad ke-6 dan diadopsi sesuai selera Cina. Ini merupakan yang paling populer di Shanghai dan sekitarnya.
guqin, sanxian, yangqin, guzheng, ruan, konghou, liuqin, pipa, zhu