Alami Gangguan Hidung, Younha Umumkan Vakum dari Dunia Musik

Selasa, 18 April 2017

Penyanyi asal Korea Selatan, Younha dikabarkan membatalkan semua jadwal menyanyi untuk beberapa waktu ke depan. Alasannya adalah karena kondisi tubuhnya yang sedang dalam keadaan sakit.



Melansir Soompi, Rabu 24 Februari 2016, Younha memberikan pernyataan langsung tentang kondisi kesehatannya di blog pribadinya, Never. Younha juga meminta maaf telah membuat penggemarnya khawatir.

Penyebab tidak maksimalnya penampilan Younha karena ada gangguan pada hidungnya atau Nasal septum deviation. Gangguan itu menyebabkan Younha punya masalah dalam bernafas dan karakter vokalnya berubah.

"Kondisi gangguan hidungku semakin parah sejak dua tahun terakhir. Meskipun sudah dioperasi tapi berdampak pada perubahan suara. Sekarang aku memilih untuk istirahat dan melatih suara aku agar kembali seperti semula," ungkap Younha.

Younha juga mengungkapkan agar penggemarnya sabar menunggu melihat penampilannya kembali. Saat ini dia sedang fokus untuk mengembalikan suaranya. Dan, bila waktunya sudah tiba, Younha akan langsung merilis album kelimanya.



"Aku tidak mau menyalahkan diri sendiri. Aku telah mengambil keputusan berani untuk istirahat dan terus berlatih vokal. Tapi aku janji setelah semua sudah normal, aku akan kembali dengan versi terbaru Younha," pungkasnya.