6 Musisi Dunia yang Alami Masalah Kesehatan Mental

Selasa, 18 April 2017

Masalah kesehatan mental dapat dialami oleh siapa saja. Tak terkecuali para musisi dunia. Masalah kesehatan mental yang paling umum, yaitu gangguan kecemasan.

Di Inggris, gangguan kecemasan diperkirakan dialami 1 dari 20 orang setiap tahunnya. Berikut 6 musisi dunia yang mengalami masalah kesehatan mental

1. Selena Gomez
Image result for selena gomez

 Selena Gomez sempat menghilang dari panggung hiburan. Selena mengaku rehat untuk menjalani kemoterapi untuk mengatasi penyakit lupusnya. Lupus merupakan gangguan autoimun yang bisa menyerang sejumlah organ vital pada tubuh.

Selena sempat bangkit kembali dan menggelar Revival Tour untuk menyapa para penggemarnya. Sayangnya, di pertengahan jadwal konser, Selena memutuskan untuk fokus mengatasi penyakitnya.

Ia sempat mengalami gangguan kecemasan hingga depresi yang merupakan komplikasi dari lupus. Pelantun lagu "Same Old Love" pun membatalkan jadwal Revival Tour di sejumlah negara.

2. James Arthur
Image result for James Arthur

Penyanyi James Arthur telah bertahun- tahun mengalami gangguan cemas. Setelah ia memenangkan X Factor 2012, James mengaku masalah kesehatannya semakin memburuk.

Awalnya, James malu mengakui dirinya stres dan depresi. Saat itu, ia malah melakukan hal-hal negatif, seperti terus merokok, konsumsi ganja dan obat-obatan karena tak tahan mengatasi gangguan kecemasan yang berat setiap hari.

Kini James sangat terbuka menceritakan kondisinya kepada masyarakat. Ia mulai menulis lagu lagi untuk mengekspresikan emosinya dan ikut berjuang bersama komunitas untuk kesehatan mental, SANE.

3. Will Young
Image result for Will Young

Pemenang Pop Idol tahun 2002 ini didiagnosis gangguan stres pasca-trauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD) sejak sekitar tahun 2012. Ia menyatakan berhenti dari acara Strictly Come Dancing, karena diduga sering terserang gangguan kecemasan.

Will Young sebelumnya mengaku pernah mengalami trauma di sekolah dan terpisah dari saudara kembarnya.

4. Adele
Image result for Adele

Baru-baru ini penyanyi Adele juga mengungkapkan masalah kesehatan jiwanya. Adele mengaku sempat mengalami depresi pasca-kelahiran setelah melahirkan putranya Angelo.

Tak jarang Adele mengalami serangan gangguan cemas. Ia bisa mengatasi masalah itu setelah banyak saling bertukar cerita dengan para ibu lain yang juga mengalami hal sama. Masalah itu juga sempat mengganggu penampilannya di atas panggung.

5. Zayn Malik
Image result for Zayn Malik

Penyanyi berwajah tampan, Zayn Malik mengaku sering dihantui dengan gangguan kecemasan. Bahkan. Mantan anggota One Direction itu juga mengalami gangguan makan.

Dengan kondisinya itu, Zayn terpaksa membatalkan konsernya beberapa bulan lalu. Para penggemar pun langsung mendukung kesembuhan Zayn dengan membuat tanda pagar di Twitter #GetWellSoonZayn.

6. Harley Sylvester "Kicks Rizzle"
Image result for Harley Sylvester "Kicks Rizzle"

Harley Sylvester, salah satu personel duo hip hop Kicks Rizzle juga pernah mengalami gangguan cemas yang cukup parah. Harley mengaku sering merasa ketakutan.

Ia didiagnosis Generalized Anxiety Disorder (GAD). GAD menyebabkan seseorang akan merasa cemas dalam berbagai situasi dan masalah. Akibat kondinya itu, Rizzle Kicks juga pernah membatalkan beberapa turnya.

Para selebritas dunia tersebut turut meningkatkan kesadaran atau kepedulian masyarakat terhadap masalah kesehatan jiwa.

Harapannya, orang-orang populer ini juga dapat membantu menghapus stigma terhadap orang-orang yang mengalami masalah kesehatan mental atau jiwa.