HUBUNGAN MUSIK DENGAN PSIKOLOGI MANUSIA

Minggu, 26 Februari 2017

















Jika Anda seseorang yang gemar dan hobi mendengarkan musik, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, baik fisik maupun psikologis Anda. Musik sendiri merupakan salah satu seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara dengan konsep dan tehnik tertentu.

Musik tercipta karena seseorang yang mempunyai bakat tertentu dalam mengekspresikan ide yang bisa muncul secara seketika atau melalui perencanaan. sebagaimana manusia menggunakan kata-kata untuk mentransfer suatu konsep, Dia juga menggunakan komposisi suara untuk mengungkapkan perasaan batinnya. Seperti halnya ragam seni lain, musik merupakan refleksi perasaan suatu individu atau masyarakat.

Psikologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dilihat dari berbagai sudut, terutama dalam kondisi kejiwaan. Yang perlu Anda ketahui adalah, musik sangat berpengaruh dengan kondisi psikologi manusia, percaya atau tidak, orang yang hobi atau gemar mendengarkan musik akan mempunyai taraf hidup yang lebih nyaman dan tenang, serta terhindar dari perasaan depersi dan stres.

1. Musik dalam mempengaruhi kesehatan mental

 Musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan dapat memberikan kekuatan mentalitas yang baik bagi pendengarnya. Orang yang mendengarkan musik, akan memiliki mental yang kuat, emosi yang tenang, hidup lebih nyaman dan santai serta menjadikan hidup mereka lebih percaya diri dengan mengembangnya intelektual serta pengetahuan bagi mereka. Musik akan bermanfaat bagi siapa saja yang mendengarkannya, entah itu anak-anak, orang dewasa maupun orang tua, bahkan dalam proses perkembangan janin dan bayi, musik juga sanagat bermenafaat bagi mereka.

Orang yang suka mendengarkan musik akan memiliki kondisi psikologis yang tenang, jiwa mereka terasa direfres terus, sehingga dalam beraktivitas, mereka akan lebih semangat dan lebih tenang. Bahkan bisa mengembalikan seseorang untuk kembali berkonsentrasi, serta bisa mencapai keadaan yang benar-benar rileks saat mereka sedang mengalami kegelisahan atau rasa cemas.

2. Jenis musik yang digunakan untuk terapi

- Musik bertema melankolis dalam kondisi normal bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri. Sementara jika didengar di saat sedih, bisa mempermudah bagi seseorang untuk menahan rasa duka.

- Musik bertema trance adalah jenis musik yang mengandung ungkapan rasa ceria yang luar biasa. Jenis musik semacam itu cocok untuk menyembuhkan orang yang mengalami tekanan mental atau stress.

- Musik yang berirama melow dan melankolis merupakan jenis musik yang menyayat perasaan. Musik semacam itu bisa menurunkan asupan sejumlah komposisi kimia dalam otak.

- Musik yang bernada ceria dengan sentuhan irama yang menenangkan. Musik seperti ini bisa meningkatkan gairah hidup dan memunculkan perasaan positif, sehingga bisa meningkatkan daya kerja. Jenis musik ini juga sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan keceriaan di kalangan anak-anak ataupun remaja.

- Musik bertema semangat merupakan jenis musik yang bisa membangkitkan reaksi kuat dan cepat yang disertai dengan tanggapan fisiologis. Jenis musik ini sangat diminati kalangan muda. Jika dimanfaatkan secara tepat, jenis musik ini bisa berdampak positif dan meningkatkan semangat.

- Musik relaksasi. Musik ini bernuansa lembut, monoton, dan datar. Kelembutan musiknya itu bisa menenangkan perasaan dan emosi manusia. Musik jenis ini dimanfaatkan untuk meningkatkan konsentrasi dan menyeimbangkan emosi

3. Terapi musik relaksasi untuk kesehatan dan kecerdasan


Memang banyak jenis musik yang bisa Anda gunakan untuk terapi, namun musik relaksasi dari gelombang otak ini merupakan sebuah terapi musik modern yang telah diciptkan oleh para master hipnoterapi yang digunakan untuk mengatasi berbagai permaslahan kesehatan yang Anda alami, baik kesehatan pikiran, jiwa dan lain sebagainya. Terapi ini diproduksi dalam bentuk Audio kemudian dicetak dalam bentuk DVD dengan tujuan agar bisa dengan mudah digunakan oleh oara penggunanya. Jika Anda sudah menggunakan terapi ini serta menjaga pola hidup yang sehat, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaaat dari terapi gelombang otak total relaksation ini.

Berikut Manfaat dari terapi gelombang otak total relaksation

- Penyembuhan
 Mendengarkan musik relaksasi dapat memiliki hasil positif pada manajemen nyeri. Mendengarkan musik relaksasi dapat mengurangi rasa sakit kronis, mengurangi sensasi nyeri, mengurangi rasa nyeri berkepanjangan dan nyeri pasca operasi. Saat melahirkan juga bagus mendengarkan musik relaksasi ini. Sangat bagus diigunakan untuk mengurangi konsumsi obat-obatan medis. Musik relaksasi memberikan kontrol dan menyebabkan tubuh melepaskan endorfin untuk melawan rasa sakit.

- Mengurangi tekanan darah
 Mendengarkan musik relaksasi atau lagu-lagu klasik sekitar 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah/hipertensi.

- Obat untuk Jantung
 Musik relaksasi sangat efektif di gunakan untuk mengobati penyakit kronis seperti jantung, kanker dan lainnya. Ini merupakan cara dan tips yang mudah dan murah. Efek rileks musik ini dapat berpengaruh besar pada penyembuhan diri.

- Mempercepat pemulihan
 musik relaksasi bagus di gunakan untuk mempercepat pemulihan kesehatan seperti stroke dan penyakit lainnya.

- Meningkatkan imunitas
 Musik relaksasi meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

- Mengembangkan pikiran yang kreatif
 Menurut penelitian, musik relaksasi mampu menginspirasi seseorang ketika menciptakan sebuah ide. Musik relaksasi dapat membuat kreatifitas lebih baik karena memiliki kekuatan untuk mengembangkan fungsi otak yang lebih tinggi.

- Meningkatkan kinerja daya ingat/memori
 Musik relaksasi menjadikan kita memasuki kondisi rileks yang dalam dan memasuki kondisi bawah sadar, dimana memori tersimpan.

- Membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus
 Studi menunjukkan bahwa mendengarkan nada yang santai meningkatkan intensitas konsentrasi.

- Membantu gerakan tubuh dan koordinasi
 Melalui musik, ketegangan otot kita berkurang. Musik relaksasi juga meningkatkan gerakan dan koordinasi tubuh.

- Menghilangkan kelelahan
 Hal yang tidak perlu diragukan lagi, mendengarkan musik relaksasi bisa menjadi cara yang efektif dalam menemukan energi ekstra bagi tubuh. Hal ini dapat menghilangkan kelelahan yang disebabkan terlalu banyak latihan dan kelelahan yang disebabkan oleh pekerjaan repetitif dan membosankan.

- Meningkatkan produktivitas
 Mendengarkan musik sambil bekerja dapat menginspirasi kita. Kebanyakan orang bekerja dengan baik dan tampil lebih baik dalam pekerjaan ketika mereka sambil mendengarkan musik.

- Merilekskan pikiran dan membantu mengatsi sulit tidur
 Salah satu cara mengatasi insomnia adalah dengan mendengarkan musik klasik. Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membuat Anda santai, gelombang otak menurun, sehingga tidur Anda jadi lebih mudah.

- Membantu mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi
 Mendengarkan musik relaksasi bukan hanya menenangkan pikiran tapi juga fisik. Musik relaksasi membantu dalam relaksasi otot-otot yang tegang karena terlalu lama bekerja. Hal ini juga membantu melepaskan ketegangan yang disebabkan oleh suasana yang menantang. Ketika mendengarkan musik relaksasi, Anda akan merasakan secara perlahan stres Anda menghilang. Anda akan menjadi lebih optimis dan positif.

DVD Musik Relaksasi ini sangat membantu Anda dalam menghadapi hari-hari yang penuh tugas yang menantang. Jaga pikiran Anda agar tetap rileks dengan bantuan DVD relaksasi ini, Anda akan mendapatkan perubahan yang positif dalam menjalani kehidupan dan aktivitas keseharian Anda. Untuk menggunakan terapi gelombang otak total relaksation ini, Anda bisa langsung memesan ke customer service.

Banyak juga ya manfaat musik ini, huah bisa di coba ni manfaat nya ^_^

Artikel yang terkait :