Indahnya Irama Dan Melodi Musik

Selasa, 11 April 2017

Image result for Indahnya Irama Dan Melodi Musik

Darah seni pasti dimiliki oleh setiap orang, hanya saja apakah darah seni itu kental atau tidak tergantung dari banyak faktor, misalnya faktor keturunan, lingkungan, ataupun faktor didikan orang tua. kesenian yang paling digemari orang ataupun banyak diperbincangkan orang salah satunya adalah seni musik, terutama bernyanyi. kenapa???? Hal ini dikarenakan setiap orang dapat bernyanyi dan mengeluarkan suaranya, walaupun ada yang hanya jadi penyanyi kamar mandi ataupun penyanyi di tempat yang sepi (di kuburan kali ya..) dengan musik seseorang dapat mengungkapkan perasaan dalam hatinya, apakah ia sedang sedih ataupun senang bahkan kemarahan juga dapat tertuangkan dengan bernyanyi.

untuk orang awam mungkin belum mengetahui apakah itu irama dan melodi, dan seperti apa irama dan melodi itu. Kali ini saya akan mencoba menguraikan sedikit tentang irama dan melodi. Dalam bermusik hal yang harus diketahui sebenarnya adalah irama, karena mempelajari irama adalah sebuah dasar untuk mempelajari unsur musik yang lain, seperti melodi, harmoni dan lain sebagainya. Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar dalam musik yang berbentuk kelompok bunyi dan diam, dimana panjang pendek bunyu dan diamnya berbeda-beda . Selain mengenal irama kita juga perlu mengenal birama. Birama adalah ayunan rangkaian gerak kelompok yang berlangsung secara berulang dan teratur( dalam istilah anak SD membirama=ndirigeni). Manfaatnya dapat kita rasakan saat kita sedang memimpin sebuah penyajian musik, misalnya saat memimpin paduan suara pada upacara bendera. Birama itu sendiri ada yang 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8. Biasanya kita membirama dengan menggunakan kedua tangan. Diharapkan dengan kita membirama maka irama dan ketukannya dapat pas dan sesuai. Setelah kita mempelajari irama selanjutnya yaitu melodi.
Melodi ialah rangkaian nada secara tunggal yang terdengar satu-satu.Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa melodi terdiri dari nada-nada yang terangkai secara teratur, sehingga membentuk sebuah lagu yang indah. sama halnya dengan irama, melodi juga salah satu unsur musik yang sangat penting di pelajari. melodi juga tidak dapat berdiri sendiri, karena apabila musik hanya terdoiri dari melodi tanpa iringan musik , maka akan terdengar irama tanpa nada. musik akan terlihat indah dan nyaman untuk dinikmati jika komposisinya pas dan padu.

Melodi selalu dihasilkan ketika orang bernyanyi atau bersenandung. Kombinasi beberapa tinggi nada dan irama akan menghasilkan melodi tertentu. Melodi merupakan susunan rangkaian nada (bunyi dengan getaran teratur) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Melodi berasal dari bunyi yang teratur getarannya (nada). Dalam sebuah lagu, melodi digambarkan dengan notasi melodi. Notasi melodi ada beberapa jenis sesuai dengan bentuknya, antara lain: (1) notasi huruf yang ditemukan oleh John Curwen, ditulis do re mi fa sol la si do; (2) notasi huruf(music), ditulis dengan 7 huruf dengan urutan c d e f g a b; (3) notasi angka, ditulis dengan angka 1 2 3 4 5 6 7 I; (4) notasi music,menggunakan garis naik atau turun untuk menunjukkan nada tinggi atau rendah.

Selanjutanya dalam melodi juga ada tangga nada, tangga nada adalah susunan nada-nada yang memiliki jarak-jarak tertentu di antara satu nada dengan nada lain. Secara teori tangga nada disusun atas 7 nada tetapi dalam praktik tangga nada disusun dari 8 nada, yaitu 7 nada ditambah 1 nada asal (oktaf berikutnya). Nada dalam music dapat diubah-ubah nilainya, dapat dinaikan atau diturunkan setengah nada. Untuk menaikkan ½ nada lebih tinggi dari nada asal digunakan tanda kruis / kres. Untuk menurunkan ½ nada lebih rendah dari nada asal digunakan tanda mol. Sedangkan untuk mengembalikan nada-nada yang sudah dinaikan atau diturunkan menjadi ke nada asalnya digunakan tanda pugar (natural). Tanda-tanda kres, mol dan pugar inii disebut tanda kromatik.

Bila kita dulu hanya menjadi penyanyi kamar mandi, cobalah sekarang untuk memahami sedikit tentang unsur-unsurnya siapa tahu bisa jadi penyanyi beneran..iya ga???? Selamat mempelajari musik, musik itu indah dan asyik…
TETAP SEMANGAT ^_^